Proposal usaha Kue sus

BUSINESS PLAN

Basis Kue Sus Pelangi (Netral) Mengirl’s
Kuliner



Jakarta,07  November 2017


Disusunoleh:
Ikhsan winarko
( Pemilik Usaha/Investor )



Jln Tigaraksa , Kelurahan Jengjing, Kecamatan Cisoka
Tangerang Barat
(021)5821392/(021)04050407
indobakery@gmail.com

DAFTAR HALAMAN



C.     Foto Peta Lokasi.........................................................................................................
         D.Dokumentasi Produksi.....................................................................................................



1.         RINGKASAN EKSEKUTIF

 Perusahaan Basis Kue Sus Pelangi(Netral) Menggirl’s ini Belum berdiri pada tahun ke tahun dan akan didirikan ,dan hasil sosial penduduk kue sus ini sudah langka Katanya tapi didaerah kota sudah engga jarang lagi dalam hal kue Brownis misalnya Tapi kue sus ini jarangada mungkin sekalinya ada itu dipersepsi pernikahan itupun jarang atau jarang lagi yang membuatnya karena jenis kue sus ini sudah ada sejak jaman ke jaman lamanya,atau bisa dibilang dijaman pa[ah mamah kita muda perusahaan ini bergerak dibidang kuliner. Perusahaan ini belum memiliki cabang yang tersebar di Tangerang. Kue Susmemproduksi beberapa varian kue yang cukup unik , diantaranya ada :
1.) kue Cokelat;
2.) kue Keju;
3.) kue Vanilla;
4.) kue Cappucino;
5.) kue Blaster (Coklat Keju) ;dan
6.) kue strawbery .
 Rencana pengembangan untuk beberapa tahun kedepan adalah perluasan pasar , inovasi produk, peningkatan kapasitas produksi , dan peningatan mutu SDM yang ada.
 Volume penjualan perusahaan saat ini adalah Rp.20.500.000/bln
Modal awal perusahaan berasal dari modal sendiri Rp.85.000.000,-
Modal pinjaman bank Rp. 300.000.000,-
 Diantaranya Rp.350.000.000,- digunakan untuk membeli aktiva tetap (Gedung dan mesin-mesin) , dan sisanya digunakan untuk membeli bahan baku ,dan kebutuhan lainya atau biaya tidak terduga.










 

2.         LATAR BELAKANG PERUSAHAAN

2.1       DATA PERUSAHAAN

1.         Nama Perusahaan
Basis Kue Sus Pelangi (Netral) mengirl’s

2.         Bidang Usaha
Kuliner

3.         Jenis Produk / Jasa
Bolu/ brownis

4.         Alamat Perusahaan
Jln Tigaraksa , Kelurahan Jengjing, Kecamatan  Cisoka , Tangerang Barat

5.         Nomor Telepon
(021)5821392

6.         Nomor Fax
(021)04050407

7.         Alamat E-mail

8.         Situs Web

9.         Bank Perusahaan
BCA

10.     Bentuk Badan Hukum
Perusahaan Perseorangan

11.     Nomor Akte Pendirian
C-604.HT.04.01-Th.2012

12.     N P W P
03.024.562.3-804.000

13.     Mulai Berdiri
Tahun 2005

2.2       BIODATA PEMILIK / PENGURUS

1.         Nama
Ikhsan Winarko

2.         Jabatan
Kepala Direktur Manager / penanggung jawab usaha

3.         Tempat  dan Tanggal Lahir
Tangerang, 01 Mei 1997

4.         Alamat Rumah
Jln.Tigaraksa, Kp.Pabuaran, Rt.01/01, Kec.Cisoka, Kab.Tangerang

5.         Nomor Telepon
0896.135.161.03

6.         Nomor Fax
(021)58214046

7.         Alamat E-mail

8.         Pendidikan Terakhir
SMK

9.         Pengalaman Kerja
-

 

2.3       STRUKTUR ORGANISASI

Ikhsan Winarko

Direktur 1


                                                                                                        
Andhika Marizki

Manajer prusahaan
Almi Nandha

Keuangan prusahaan
Achmad Topik Anggara/Desi Oktafiani
Produksi

 


2.4       SUSUNAN PEMILIK/ PEMEGANG SAHAM

NAMA
Jumlah Saham
Nilai Saham
Persentase
Andhika marizki
2 Lembar
2.000.000
2.000.000
Almi Nandha
2 Lembar
2.000.000
4.000.000
Achad Topik Anggara
3 Lembar
3.000.000
7.000.000
TOTAL
7 LEMBAR

RP.7.000.000.00,-




3.         ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

3.1       PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN

Produk yang dihasilkan antara lain :

1. Kue Coklat Blster Keju,Vanila
2. Kue Keju Coklat
3. Kue Vanila Cappucino
4. Kue Cappucino Bland Vanila
5. Kue Blaster (Coklat Keju)
6. Kue Strawbery

3.2       GAMBARAN PASAR

Produksi Akan Selalu Meningkat disetiap Tahunnya

DATA NILAI PENJUALAN (3 -5 TAHUN TERAKHIR)


-Th.4 Mengalami keturunan karena model dalam pembentukan kue tidak ada tren atau mederen,dan dimana kalahnya produk kami akan pesaing
-Th.5 perusahaan atau jalur produksi kami mencoba membuat inovasi dan mencari sesuatu produk yang menarik akan tempat dan produk yang dibuat,untuk tidak ketinggalan oleh usaha’ lainnya dimana disitu kami mengalami kenaikan yang lumayan untuk perkembangan perusahaan.

KEGIATAN PEMASARAN DAN PROMOSI YANG SUDAH DILAKUKAN

    PERSONAL SELLING
Perusahaan melakukan program penjualan dengan berbagai promosi melalui media sosial, Browsur , sehingga mendapat respon masyarakat yang cukup antusias.

    PAMERAN
Pameran-pameran yang telah diikuti perusahaan :
1. Pameran yang diadakan oleh Dapertemen Koprasi, masih tahap pengenalan produk ,sekaligus lomba koki pembuat kue terenak di kalangan masyarakat sekitar tempat produksi kami.i


    BROSUR
Membuat brosur dan menyebarkan ke pemukiman masyarakat,sekolah,kampus dan kantor-kantor pemerintah, sehingga masyarakat mengetahaui produk perusahaan.
Hasil dari penyebaran brosur kami memasang cara produksi dan dan pendisplayan produk di tempat pemasaran berpengaruh terhadap 35% pendapatan perusahaan dalam 3 tahun selama perusahaan beroprasi.

    ADVERTISING / IKLAN
Perusahaan memasang iklan melalui media Sosial, membuat katalog, dan memasang banner supaya masyarakat lebih mengal atau mengetahui tempat produksi perusahaan.
Hasilnya berpengaruh pada 40% pendapatan perusahaan

3.3       TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU

Produk ini mengarah ke semua jenis usia ,anak 5 tahun,remaja,dewasa dan kalangan atas lainnya,terutama yang tua atau akan bekerja sama untuk berbisnis  (bagi hasi).

3.4       TREND PERKEMBANGAN PASAR

PERKIRAAN JUMLAH DAN NILAI RATA-RATA PERMINTAAN PRODUK PER TAHUN
35.000 Pieces/tahun

3.5       PROYEKSI PENJUALAN


Karena semakin lama produk kami PROMOSIKAN, semakin Masyarakat atau bangsa itu sendiri mengenalnya ,dan untuk hasil produk yang saya kerjakan BERUSAHA untuk tidak  mengecewakan masyarakat dan mengharapkan kepusan masyarakan akan produk yangkami tawarkan.


3.6       STRATEGI PEMASARAN

    PENGEMBANGAN PRODUK
1. Membuat lebih banyak varian rasa atau inovasi produk
2. Membuat inovasi baru terhadap produk supaya, ketertarikan masyarakat atas produk.
3.Menambahkan tembahan atau kerabat kue  ditempat pemasaran (Kopi/Teh Pait,Manis)

    PENGEMBANGAN WILAYAH PEMASARAN
1. Membuka cabang atau ikut menaruh atau menitipkan ke toko di daerah JABODETABEK
2. Mensupply ke modern market yang tersebar di JABODETABEK

    KEGIATAN PROMOSI
1. Melakukan promosi Internal, eksternal (Lisan atau tulisan)
2. Melakukan demo produk di modern atau traditional market

    STRATEGI PENETAPAN HARGA
Membuat biaya produki sekecil mungkin agar bisa memasang harga jual seminimal mungin

3.7       ANALISIS PESAING

PESAING
KEUNGGULAN
KELEMAHAN

1.         Produk berkualitas
2.         Kemasan produk elegant
1.         Harga mahal
2.         Distribusi masih langka

1.         Produk berkualitas
2.         Kemasan produk elegant
1.         Harga mahal
2.         Ditribusi masih langka

3.8       SALURAN DISTRIBUSI

WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI SAAT INI

1.     Wilayah Pemasaran
    Lokal..................... [50]. %
    Regional................ [30]. %
    Nasional............... [20]. %
    Ekspor....................... 0. %

2.     JalurDistribusi
ü  Individu
    Industri

    Distributor
ü  ................ Retailer


3.     Alamat Gudang/Pabrik
1.Jln.Ciputat Raya,kp.Gunung ,Ciputat jakarta selatan
2.Jln.Pasar Ciputat,
3.Jln.Pasar Minggu,Dan masih Banyak lagi.


WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI YANG DIRENCANAKAN

1.     Wilayah Pemasaran
    Lokal..................... [50]. %
    Regional................ [30]. %
    Nasional............... [20]. %
    Ekspor....................... 0. %

2.     Jalur Distribusi
ü  .............. Individu
ü  ................ Industri

ü  ........... Distributor
ü  ................ Retailer


3.     Rencana Lokasi Gudang / Pabrik Produksi
1.         Jl.Samprog, Citra Raya, Cikupa, Tangerang
2.         Jl.Depok,Kelapa Dua,Margonda, Bogor
3.         Jln.Ciputat Raya,Cireundeu,Ciputat Jakarta selatan




4.         ANALISIS PRODUKSI

4.1       PROSES PRODUKSI

PROSES PRODUKSI
BAHAN BAKU
TEKNOLOGI
MESIN/ALAT PRODUKSI
Pembuatan Adonan Kue
·         Terigu
·         Margarin
·         Telur
·         Susu
·         Baking Powder
·         Gula
Modern
·         Mixer

Pembuatan Kue
·         Adonan Kue
Modern
·         Open
·         Packing


SKEMA PROSES PRODUKSI

Bahan Baku

Pembuata Adonan

Packing

Pembentukan Kue Sus

Pengopenan
 










KEUNGGULAN PROSES YANG DIMILIKI


NO
NamaBarang
KapasitasSaatIni
RencanaPeningkatanKapasitas
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
Terigu
Margarin
Susu
Telur
Gula
Perisa
Beking powder
50 kg
60 kg
38 kg
32 kg
45 kg
2 liter
1 kg
100 kg
80 kg
50 kg
35 kg
50 kg
2,5 liter
1,5 kg





4.2              BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA

BAHAN BAKU

KEBUTUHAN
RATA-RATA PER BULAN
SUMBER
Terigu
1500 kg
Pemasok
Margarin
1800 kg
Pemasok
Telur
900 kg
Peternak
Susu
900 kg
Distributor
Gula
1200 kg
Distributor
Perisa
60 liter
Distributor
Baking powder
30 kg
Distributor

BAHAN PENOLONG
KEBUTUHAN
RATA-RATA PER BULAN
SUMBER
Coklat
500 kg
Pemasok
Keju
500 kg
Pemasok
Vanilla
200 kg
Distributor
Capuccino
200 kg
Distributor
Kacang Mede
150 kg
Pemasok
Gula Bubuk
100 kg
Distributor

4.3       KAPASITAS PRODUKSI

FASILITAS DAN MESIN PRODUKSI YANG DIMI9LIKI

 



*) tanah, bangunan, mesin dan peralatan roduksi


KAPASITAS PRODUKSI RATA-RATA PER BULAN
3600 pieces/bln

4.4       RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI

STRATEGI DAN TAHAP-TAHAP RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI

1.         Meperluas taempat peroduksi dari provinsi ke provinsi
2.         Membuka cabang produksi atau sekaligus tempat pemasaran produksi

RENCANA PENAMBAHAN FASILITAS DAN MESIN PRODUKSI

*) tanah, bangunan, mesin dan peralatan produksi

TARGET KAPASITAS PRODUKSI RATA-RATA PER BULAN *)
4500 pieces/bln
*) setelah penambahan fasilitas dan mesin produksi

4.5       VOLUME PENJUALAN SAAT INI

VOLUME PENJUALAN SAAT INI



 

4.6       RENCANA PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN

RENCANA PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN

 

STRATEGI DAN TAHAP-TAHAP RENCANA PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN

1.         Mempererat pelanggan dan mencari lebih banyak pelanggan  atau pemasok atau distributor yang lain dengan memberikan harga diskon.
2.         Mengikuti pameran-pameran
3.         Membuat inovasi produk
4.         Mencari keunggulan  pesaing

5.         ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA (SDM)

5.1       ANALISIS KOMPETENSI SDM

     

5.2       ANALISIS KEBUTUHAN DAN PENGEMBANGAN SDM

JABATAN
Tingkat Pendidikan
Pengalaman (tahun)
Keterampilan Khusus
Manager
S1
6
Management SDM
Staff Keuangan
S1
2
Analisis Keuangan
HRD
S1
4
Psikologi
Marketing
SMA
2
Penguasaan Pasar

5.3       RENCANA KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SDM

JABATAN
Jumlah Kebutuhan
Tenaga yang Tersedia
Tenaga yang Harus Direkrut
Staff Keuangan
3
2
1
Marketing
15
11
4

6.         RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

6.1       RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

    STRATEGI PEMASARAN
-           Membuat tempat pemasaran kurang lebih 50 meter untuk lahan.
-           Mempromosikan produk di segala sela ( Media sosial,browsur,makalah dan stiker untuk pembagian diacar pestival)
-           Memberikan peluang konsumen untuk memilih dan memesan.

    STRATEGI PRODUKSI
-           Memperlihatkan cara pembuatan produk ke konsumen sekaligus pemasaran ke pemasok atau pelanggan
-           Memberikan lahan atau tempat yang sudah didekor untuk acara survaise ulang tahun kerabat atau pacar
-           Memberikan peluang konsumen untuk membuat kuenya yg diinginkan sendiri

    STRATEGI ORGANISASI DAN SDM
-           Selalu terpacu kepada misi perusahaan untuk memuaskan konsumen.
-           Memperluas jangkauan produksi,memanfaatkan teman untuk tertarik akan hal produk kami.
-           Memperluas pemasaran produk dengan cara pengiriman kantor pos.

    STRATEGI KEUANGAN
-           Memperkecil pengeluaran dengan bagaimanapun caranya agar yang besar bisaterkecilkan
-           Memanfaatkan keuntungan yang ada untuk meperluas usaha dengan usaha bercabang


6.2       TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN USAHA
KEGIATAN
bulan ke -
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
Peluasan gedung











Promosi











Penyebaran produk











Mengadakan Atraksi Pembuatan produk









Pameran












7.4       RENCANA KEBUTUHAN PINJAMAN
TOTAL NILAI KEBUTUHAN PINJAMAN / MODAL *)
Rencana pinjam kebutuhan modal tidalahk begitu besar hanya membutuhkan dan kurang lebih darri 30.000 dari keuntungan yang sudah ada .
*) sesuai dengan PENERIMAAN PINJAMAN pada tabel RENCANA ARUS KAS untuk tahun pertama Bab 8.3 Rencana Arus Kas (Cash – Flow)
TOTAL NILAI KEBUTUHAN MODAL INVESTASI *)
Invennstasi modal perusahaan membutuhkan modal kurang lebih dari 1.000. untuk memperkembang suatu perusahaan atau memperluas produksi.
*) sesuai dengan Bab 8.2 Rencana Kebutuhan Investasi
TOTAL NILAI KEBUTUHAN MODAL KERJA *)
Modal kerja tidaklah begitu banyak hanya membutuhkan barang lebih atau penambahan pembuatan produk kurang lebih 50.000 ( dalam juta)
*) total nilai kebutuhan pinjaman / modal dikurangi total nilai kebutuhan modal investasi

JANGKA WAKTU PENGEMBALIAN *)
5 tahun mendatang
*) sesuai dengan masa berakhirnya pembayaran angsuran pokok pada tabel RENCANA ARUS KAS Bab 8.3 Rencana Arus Kas (Cash – Flow)
MASA TENGGANG PEMBAYARAN *)
1 bulan sebelum pembayaran.
*) sesuai dengan masa tenggang pembayaran angsuran pokok pada tabel RENCANA ARUS KAS Bab 8.3 Rencana Arus Kas (Cash – Flow)

1.         Jenis Agunan
Toko

2.         Spesifikasi dan Keterangan Lain-Lain
Mesin
Open
Lahan

3.         Aspek Legalitas
Sertifikat lahan tanah perusahaan

4.         Nilai Agunan
75% dari lahan yang dimiliki atau perusahan yang selalu berkembang disetiap tahunnya.

8.         ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA

8.1       DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR

- Membuat keramayan disekitar
-Akses jalan masyarakat menjadi 1,5 meter disetiap tahunnya

8.2       DAMPAK TERHADAP LINGKUNGAN

- Polusi udara pengeluaran asap hitam karena pembakaran limbah
-mencemari air irigasi

8.3       ANALISIS RESIKO USAHA

-  Masyarakat enggan akan produk
- kebakaran tempat produksi,karena akan merugikan masyarakat sekitar karena rumah berdekatan 1 meter dari dingding ke dingding


8.4       ANTISIPASI RESIKO USAHA

- mencari jalan keluar,bagaimana cara agar usaha ini tidak merugikan pihak lain (masyarakat) terutama
- Pesaing melakukan inovasi produk dengan mode yang modern atau tren dan disisi itu mereka tidak merugikan pihak lain.
- Memberikan pelayanan terbaik dikalangan masyarakat sekitar terutamanya.


C.  Peta Lokasi
D.   Dokumentasi Produk

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi dan cara penyajian

Definisi singkat serta keuangan